Find Us On Social Media :

9 Hal yang Dilakukan Penyandang Diabetes Untuk Melindungi Kakinya Agar Tak Terjadi Luka

Bahkan di dalam rumah penyandang diabetes perlu menggunakan alas kaki demi menghindari luka.

GridHEALTH.id - Diabetes yang tidak terkontrol adalah salah satu alasan yang menempatkan kita pada risiko kaki diabetik atau borok karena luka sekecil apapun bisa menimbulkan risiko ini.

Namun, ada berbagai faktor seperti neuropati sensorik perifer, cedera ringan pada kaki, perawatan luka yang tidak higienis, atau perlindungan kaki yang buruk.

Karenanya pencegahan ulkus kaki sangat penting, terutama pada penyandang diabetes dengan neuropati, penyakit pembuluh darah perifer, atau kelainan struktural kaki.

Pada penyandang diabetes, yang perlu dikhawatirkan adalah luka, goresan, dan lecet lebih mungkin terjadi jika tidak mengenakan alas kaki yang nyaman atau jika  berjalan tanpa alas kaki.

Kerusakan juga dapat terjadi dari aktivitas antara lain kejatuhan benda, terinjak, luka bakar, tersiram air panas, tersayat pada saat memotong kuku kaki, dan potensi luka lainnya.

Maka itu, penyandang diabetes perlu ekstra hati-hati karena diabetes dapat mempengaruhi saraf sensorik di kaki yang bisa berarti menderita luka tanpa disadari.

Baca Juga: 7 Langkah Praktis Mengobati Infeksi Kaki Diabetes Agar Luka Kering

Baca Juga: Pengobatan Rumahan Baking Soda dan Cuka Sari Apel Atasi Ketombe

Jika luka tidak terlindungi dengan baik, ada risiko infeksi yang lebih besar dan masalah lainnya adalah luka cenderung lebih lambat sembuh pada penyandang diabetes.