Find Us On Social Media :

Mampukah Vaksin Covid-19 Melindungi Orang dengan Sistem Kekebalan Lemah? Ini Kata Ahli

vaksinasi Covid-19 tetap direkomendasikan untuk orang dengan sistem kekebalan yang melemah karena penyakit atau obat-obatan tertentu.

GridHEALTH.id - Dalam kebanyakan kasus, vaksinasi Covid-19 memberi orang perlindungan yang kuat terhadap virus mematikan, tetapi apakah itu kasus yang sama untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah?

Mungkin tidak seefektif pada orang sehat, tetapi suntikan tetap menawarkan perlindungan.

Itu sebabnya vaksinasi Covid-19 tetap direkomendasikan untuk orang dengan sistem kekebalan yang melemah karena penyakit atau obat-obatan tertentu.

Penting juga bagi keluarga, teman, dan pengasuh untuk divaksinasi, yang akan memperkecil kemungkinan mereka menularkan virus.

Sekitar 3% orang dewasa di dunia memiliki sistem kekebalan yang lemah. Diantaranya adalah orang dengan HIV atau AIDS, penerima transplantasi, beberapa pasien kanker dan orang dengan gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis, penyakit radang usus dan lupus.

Suntikan Covid-19 tidak dipelajari pada sejumlah besar orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Baca Juga: Penyakit Infeksi Menular HIV/AIDS Terlupakan di Saat Pandemi Covid-19, Padahal Bisa Jadi Komorbid Mematikan

Baca Juga: Mereka yang Jalani Isoman Perlu Mengonsumsi Produk Kesehatan Memadai

Tetapi data dan pengalaman yang terbatas dengan vaksin flu dan pneumonia menunjukkan bahwa suntikan tidak bekerja sebaik pada orang lain.