Find Us On Social Media :

7 Mitos Umum Tentang Virus HPV, Penyebab Infeksi Menular Seksual

Dalam kebanyakan kasus HPV, sistem kekebalan seseorang melawan infeksi dalam waktu dua tahun.

GridHEALTH.id - Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual yang paling umum di dunia. Pada wanita, bisa menyebabkan kanker serviks

Namun terlepas dari prevalensinya, ada banyak kesalahpahaman tentang siapa yang terkena HPV, bagaimana mereka mendapatkannya, dan apa arti diagnosis.

Dilansir dari Infection Control Today, berikut adalah mitos dan fakta  tentang HPV yang paling umum;

Mitos 1: Hanya wanita yang bisa terkena HPV 

Faktanya pria juga  bisa terkena HPV. Sebagian besar pria dan wanita yang aktif secara seksual akan memiliki setidaknya satu infeksi HPV di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Setiap orang yang memiliki kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan orang lain yang memiliki infeksi HPV juga dapat terkena infeksi.

Mitos 2: Semua strain HPV menyebabkan kanker 

Faktanya tidak semua jenis HPV dapat menyebabkan kanker. Human papillomavirus adalah kelompok lebih dari 150 virus terkait.

Baca Juga: Jangan Takut Penyakit Kanker, Ini 4 Fakta Kanker yang Wajib Diketahui

Baca Juga: Sleep Apnea Pada Anak Berisiko Munculkan Gangguan Jantung Saat Dewasa

Beberapa dari strain tersebut menyebabkan kutil kulit, beberapa menyebabkan kutil kelamin, dan beberapa dapat menyebabkan perubahan sel prakanker yang dapat menyebabkan kanker serviks, vagina, vulva, anus, penis, dan orofaring,  bagian belakang dan samping tenggorokan, amandel , dan pangkal lidah.