Find Us On Social Media :

Mengapa Lansia dan Penyandang Diabetes Lebih Berisiko Terinfeksi Covid-19, Ini Kata Ahli

Lansia, kelompok yang berisiko terhadap infeksi Covid-19 karena sistem imunitas tubuh rendah.

GridHEALTH.id - Dua tahun sejak kemunculan virus corona yang mengganggu kehidupan dan menimbulkan kematian bagi jutaan orang di dunia, ditunjukkan bahwa orang tua dan orang-orang dengan kondisi kesehatan mendasar seperti diabetes dan hipertensi memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit serius dan komplikasi fatal.

Berkali-kali, para ahli telah memperingatkan kelompok populasi ini tentang perlunya tindakan pencegahan ekstra dan langkah-langkah keamanan agar tetap aman.

Tapi apa sebenarnya penyebab penyakit serius pada orang tua dan penyandang diabetes? Para peneliti dari Sekolah Ilmu Kehidupan Universitas Nanjing di China mengklaim telah mengidentifikasi alasannya.

Menurut mereka, kekebalan microRNA (miRNA) yang rendah meningkatkan risiko infeksi Covid-19 pada orang dewasa yang lebih tua dan penderita diabetes. Ini diterbitkan dalam jurnal Signal Transduction and Targeted Therapy.

MicroRNAs adalah kelas kunci regulator ekspresi gen yang memainkan peran penting dalam peradangan dan respons imun.

Para peneliti telah mengidentifikasi empat miRNA yang bersirkulasi - miR-7-5p, miR-24-3p, miR-145-5p dan miR-223-3p - yang tinggi pada orang sehat dan jauh lebih rendah pada orang tua dan penyandang diabetes.

Baca Juga: Mampukah Vaksin Covid-19 Melindungi Orang dengan Sistem Kekebalan Lemah? Ini Kata Ahli

Baca Juga: Daun Mimba, Pengobatan Rumahan Untuk Kontrol Kadar Gula Darah

MiRNA ini dapat secara efektif menghambat replikasi SARS-CoV-2 dengan secara langsung menargetkan protein S. Eksosom.