Find Us On Social Media :

Wanita Penyandang Diabetes dengan PCOS Berkurang Risiko Kegugurannya Setelah Minum Obat Diabetes Metformin, Studi

Obat diabetes metformin mengurangi risiko keguguran pada wanita diabetes penyandang sindrom ovarium polikistik.

GridHEALTH.id - Tingkat keguguran menurun secara dramatis di antara sekelompok wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang diobati dengan obat metformin.

Para peneliti mengatakan obat, juga dikenal sebagai Glucophage, juga sangat efektif dalam mencegah diabetes gestasional, suatu bentuk diabetes yang umum pada wanita hamil dengan PCOS, dan mungkin pengobatan yang lebih baik daripada insulin untuk semua wanita dengan diabetes terkait kehamilan.

"Terapi ini dengan cepat merevolusi pengobatan infertilitas, dan dengan alasan yang bagus," kata Charles Glueck, MD, yang melakukan beberapa studi infertilitas metformin pertama dan telah merawat hampir 1.500 wanita dengan sindrom tersebut.

"Pada wanita dengan PCOS, risiko keguguran sangat tinggi, sekitar 50%. Dengan pemberian metformin, risikonya berkurang seperti wanita tanpa PCOS."

Dipercaya bahwa hingga 10% wanita Kaukasia di AS, dan 15% wanita Hispanik dan kulit hitam memiliki PCOS, meskipun sebagian besar belum didiagnosis.

Wanita dengan sindrom ini sering mengalami periode menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada, peningkatan kadar insulin (mirip dengan penderita diabetes tipe 2), dan masalah berat badan.

Baca Juga: Metformin, Obat Diabetes Paling Top Bisa Digunakan Sebagai Terapi Tambahan Bagi Penyandang HIV, Studi

Baca Juga: Mengapa Lansia dan Penyandang Diabetes Lebih Berisiko Terinfeksi Covid-19, Ini Kata Ahli

Banyak wanita dengan PCOS tidak berovulasi sama sekali, dan mereka yang hamil sering mengalami keguguran.