Find Us On Social Media :

Diabetes Covid-19, Munculnya Kadar Gula Darah Tinggi Saat Terinfeksi Virus Corona, Pasien Sembuh Tapi Jadi Penyandang Diabetes

Pasien pasca Covid-19 bisa menyandang diabetes akibat komplikasi yang diakibatkan virus corona. Disebut diabetes Covid-19.

GridHEALTH.id - Selama pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun lamanya, kita sudah mengetahui bahwa diabetes adalah komorbiditas yang parah untuk virus corona.

Diabetes terkait dengan beberapa komplikasi, termasuk keparahan, peningkatan kebutuhan oksigen, waktu pemulihan yang berkepanjangan dan sampai batas tertentu, kematian.

Namun dokter-dokter di India menemukan, 'pertempuran' dengan Covid-19 mengarah pada diagnosis diabetes yang sama sekali baru, atau diabetes Covid-19, seperti yang sekarang disebut.

Penemuan dokter-dokter itu diterbitkan dalam sebuah laporan yang dimuat di Journal of Endocrinology and Metabolisme edisi Agustus 2021 sembari memperingatkan tentang timbulnya diabetes baru yang menjadi komplikasi pasca-Covid-19 dan bahaya baru yang harus diwaspadai.

Pertanyaannya, apa yang memicu kenaikan? Apakah itu Covid-19, atau faktor risiko yang mendasarinya? Bisakah Covid-19 memicu komplikasi seperti diabetes?

Dari jantung hingga sistem pencernaan, ada banyak bukti yang merinci betapa mengkhawatirkannya pertempuran dengan Covid-19.

Baca Juga: Mengenal 6 Gejala Umum Diabetes, Sering Haus Hingga Berat Badan Turun

Baca Juga: Anosmia Bisa Menjadi Penanda Covid-19 yang Diderita Bakal Ringan, Studi

Studi yang lebih baru juga menyoroti bahwa virus SARS-COV-2 dapat meluncurkan serangan pada pankreas, merusak sel-sel yang memproduksi dan mengatur insulin dan sebagai hasilnya, menyebabkan diabetes.