Find Us On Social Media :

Asal Usul Covid-19 Masih Belum Pasti, Badan Intelijen AS Menyimpulkan

Laboratorium Institute of Virologi di Wuhan, China, tempat virus corona penyebab Covid-19 pertama kali diteliti.

GridHEALTH.id - Setelah peninjauan selama 90 hari yang diminta oleh Presiden AS Joseph Biden, Dewan Intelijen Nasional dan “elemen IC” yang tidak disebutkan namanya yang terlibat—yang dapat mencakup badan-badan militer, FBI, CIA, dan cabang-cabang Departemen Luar Negeri—tampaknya menyepakati beberapa poin dalam penilaian mereka.

Bahwa pejabat China tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang SARS-CoV-2 sebelum wabah virus muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Poin kedua adalah, virus itu tidak dikembangkan sebagai senjata biologis.

Jesse Bloom, seorang ahli biologi evolusioner di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson yang telah menganjurkan bahwa teori kebocoran laboratorium mendapat perhatian lebih serius, menyambut kesimpulan penilaian bahwa kedua hipotesis itu masuk akal.

“Saya berharap komunitas intelijen akan merilis informasi baru yang telah mereka kumpulkan,” kata Bloom, yang mengatur sebuah surat, yang ditandatangani oleh 17 ilmuwan lain dan diterbitkan oleh Science, yang menyerukan penilaian seimbang.

Penilaian itu “cukup seimbang,” kata William Hanage, ahli biologi evolusi di Universitas Harvard.

Baca Juga: Terungkap, Rahasia Kekebalan Anak-anak Terhadap Infeksi Covid-19

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih dan Madu, Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

“Ringkasan ini menunjukkan bahwa elemen IC secara keseluruhan condong ke arah asal alami,” kata Hanage. “Saya pikir ini mencerminkan pandangan sebagian besar ilmuwan yang telah menelitinya.”