Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Memicu Munculnya Superimunitas Pada Mantan Pasien SARS

Pasien SARS yang telah sembuh jika disuntik vaksin Covid-19, bisa memiliki superimunitas untuk melawan infeksi Covid-19 dan lainnya.

GridHEALTH.id - Siapa yang tidak ingin memiliki superimunitas, apalagi untuk mengahadapi Covid-19.

Kita semua divaksin Covid-19 pun tidak lain karena ingin mendapatkan tambahan kekebalan supaya bisa menang melawan infeksi Covid-19.

Tapi tahukah, ternyata mereka yang telah terpapar SARS sejak lama jika divaksin Covid-19 saat ini, maka bisa memicu munculnya superimunitas pada tubuhnya.

Baca Juga: Waduh, Tetiba Saja Ahmad Dhani Sebut Mantan Istrinya Ratu Pencitraan, Mengetahui Hal Itu Maia Estianty Hanya Senyum

Untuk diketahui, hampir 20 tahun sebelum SARS-CoV-2 menjadi pandemi Covid-19, virus corona yang terkait dan bahkan lebih mematikan telah menebarkan kepanikan, bahkan menewaskan hampir 10% dari 8000 orang yang terinfeksi beberapa tahun lalu, tepatnya saat wabah SARS melanda dibeberapa belahan dunia.

Nah, wabah sindrom pernafasan akut parah (SARS) pada 2003 telah meninggalkan beberapa orang yang selamat, dan mereka adalah manusia yang paling beruntung saat ini.

Kenapa? Sebuah studi baru menunjukkan, pasien SARS sembuh yang telah divaksinasi COVID-19 tampaknya mampu menangkis semua varian SARS-CoV-2 yang beredar saat ini, serta yang akan segera muncul dikemdudian hari.

Alasannya antibodi mereka yang tangguh bahkan dapat melindungi terhadap virus corona pada spesies lain yang belum membuat lompatan ke manusia — dan mungkin memiliki petunjuk tentang cara membuat apa yang disebut vaksin pancoronavirus yang dapat mencegah wabah di masa depan.

Baca Juga: Sudah Vaksin di Amerika WNI Ditolak Masuk Mal, Per 13 Agustus 2021 Kemenkes Ijinkan Pemegang Sertifikat Vaksin Luar Negeri Masuk Pusat Perbelanjaan