Find Us On Social Media :

Malaysia Umumkan Masuk Fase Endemik Mulai Akhir Oktober, Setiap Orang Harus Lakukan Tes Covid-19 Rutin, Akankah Diikuti Indonesia?

Pemerintah Malaysia mengumumkan masuk fase endemik Covid-19 pada akhir Oktober 2021

GridHEALTH.id -  Kabar mengejutkan datang dari Negeri Jiran Malaysia, di mana berembus kabar akan memasuki fase endemik Covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan kebijakan pengujian nasional yang mengharuskan setiap orang untuk melakukan tes Covid-19 sendiri.

Baca Juga: Menkes Prediksi Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Epidemi selama 5-10 Tahun, Pemerintah Siapkan 5 Penanganan Jangka Panjang

"Begitu kita masuk ke (fase endemik), apakah Anda sudah divaksinasi atau tidak, Anda perlu melakukan tes Covid-19 sendiri secara teratur," katanya dalam konferensi pers, Rabu (1/9/2021).

Dia menambahkan bahwa Malaysia kemungkinan dapat memasuki fase endemik pada akhir Oktober 2021, ketika 80%  populasi negara itu telah divaksin.

Baca Juga: 6 Pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Rumah

"Pada akhir Oktober kita akan mencapai titik batas endemik di mana kita harus mulai melihat hidup berdampingan dengan Covid-19," katanya.