Find Us On Social Media :

Penyebab Menstruasi Jadi Bermasalah Pasca Suntik Vaksin Covid-19

Siklus menstruasi tidak kacay setelah vaksinasi Covud-19, bisa jadi ini penyebabnya. Walau secara resmi dan pasti belum ada yang bisa memastikan.

GridHEALTH.id - Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) pada vaksin Covid-19 terus dipelajari. Sejauh ini KIPI masih dalam batas wajar dan tidak membahayakan.

Kita pun harus percaya, pemerintah melalui BPOM yang mengijinkan vaksin Covid-19 untuk digunakan di Indonesia aman.

Tapi kita pun harus tahu beberapa kondisi yang bisa terjadi setelah vaksinasi, khususnya pada perempuan. Yaitu perubahan siklus menstruasi atau haid.

Kate Clancy, ahli ekologi reproduksi manusia dan profesor antropologi di University of Illinois Urbana-Champaign, dan antropolog biologi Katharine Lee dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis telah memusatkan penelitiannya selama beberapa dekade di sekitar fungsi rahim, hormon ovarium dan siklus menstruasi, dan Lee juga seorang insinyur data; pekerjaan pascadoktoralnya saat ini mencakup "kolaborasi pada aktivitas fisik dan hormon reproduksi sepanjang umur pada wanita dewasa pramenopause yang sehat."

Keduanya telah mengumpulkan lebih dari 140.000 laporan dari orang-orang yang mengatakan bahwa mereka telah melihat perubahan dalam periode mereka setelah vaksinasi; Lee dan Clancy secara resmi mendokumentasikan kasus-kasus itu dalam studi terbuka.

Ketertarikan Clancy meneliti hal ini dilatar belakangi oleh pengalamannya sendiri, yeng mengalami menstruasi jadi bermasalah setelah mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama.

Baca Juga: Puskesmas Diserang Membabi Buta Oleh KKB Papua, Satu Orang Perawat Jasadnya Ditemukan di Jurang