Find Us On Social Media :

Mengetahui Gejala AIDS, Akibat Sindrom HIV yang Tidak Diobati

Diare berhari-hari, salah satu gejala HIV/ADS yang perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id - Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kita mengidap HIV adalah dengan melakukan tes.

Jika kita dites positif, kita dapat minum obat untuk mengobati HIV. Dengan meminum obat HIV setiap hari sesuai resep, kita dapat membuat jumlah HIV dalam darah (viral load ) sangat rendah—sangat rendah sehingga tes tidak dapat mendeteksinya (disebut viral load tidak terdeteksi).

Mendapatkan dan mempertahankan viral load yang tidak terdeteksi adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk tetap sehat.

Jika kita mengidap HIV dan tidak menjalani pengobatan HIV, pada akhirnya virus tersebut akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan akan berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Ini adalah tahap akhir dari infeksi HIV.

Gejala AIDS dapat meliputi penurunan berat badan yang cepat, demam berulang atau keringat malam yang banyak, kelelahan yang ekstrem dan tidak dapat dijelaskan, pembengkakan kelenjar getah bening yang berkepanjangan di ketiak, selangkangan, atau leher dan diare yang berlangsung lebih dari seminggu.

Gejala juga dapat berupa luka pada mulut, anus, atau alat kelamin, radang paru-paru, bercak merah, cokwlat, merah muda, atau keunguan pada atau di bawah kulit atau di dalam mulut, hidung, atau kelopak mata.

Baca Juga: Penyandang Penyakit Infeksi HIV/AIDS Dua Kali Lebih Berisiko Terkena Gangguan Jantung

Baca Juga: Mengenal Gejala Cacar Air (Chikenpox), Bisa Dihindari dengan Vaksin

Penderita juga dapat kehilangan memori, depresi, dan gangguan neurologis lainnya.