Find Us On Social Media :

Mengenal Maturity Onset Diabetes of the Young (MODY), Diabetes Langka dan Menurun di Dalam Keluarga

MODY disebabkan oleh mutasi (atau perubahan) pada satu gen.

GridHEALTH.id - Maturity Onset Diabetes of the Young (MODY) adalah bentuk diabetes langka yang berbeda dari diabetes tipe 1 dan tipe 2, dan sangat menurun dalam keluarga.

MODY disebabkan oleh mutasi (atau perubahan) pada satu gen. Jika orangtua memiliki mutasi gen ini, setiap anak yang mereka miliki, memiliki peluang 50% untuk mewarisinya dari mereka.

Jika seorang anak mewarisi mutasi tersebut, mereka umumnya akan mengembangkan MODY sebelum mereka berusia 25 tahun, berapa pun berat badan, gaya hidup, kelompok etnis, dll.

Gejala MODY didiagnosis menderita diabetes di bawah usia 25 tahun. MODY bisa muncul bila memiliki orangtua dengan diabetes, dengan diabetes dalam dua atau lebih generasi. Penyandang MODY belum tentu membutuhkan insulin.

MODY sangat jarang dibandingkan dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2. Para ahli memperkirakan bahwa hanya 1-2% penyandang diabetes (20-40.000 orang) di Inggris yang memilikinya.

Baca Juga: MODY, Bentuk Diabetes Langka di Kalangan Remaja, Ini Gejalanya

Baca Juga: Jika Ingin Mencegah Obesitas, Hindari Makan dengan Porsi Besar

Tetapi karena MODY sangat jarang, dokter mungkin tidak menyadarinya, sehingga diperkirakan sekitar 90% penderitanya salah didiagnosis dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 pada awalnya.