Find Us On Social Media :

Obat Pengurang Tumor Tunjukkan Harapan Besar Pada Pasien Kanker Payudara

Antibodi-drug conjugate (ADC) secara signifikan meningkatkan harapan hidup mereka yang memiliki beberapa bentuk kanker payudara paling serius,

GridHEALTH.id - Antibodi-drug conjugate (ADC) secara signifikan meningkatkan harapan hidup orang-orang yang memiliki beberapa bentuk kanker payudara paling serius, menurut data baru yang dirilis Sabtu di konferensi European Society of Medical Oncology tahun 2021.

Para peneliti menemukan bahwa ukuran tumor berkurang secara signifikan dan harapan hidup meningkat untuk pasien dengan kanker payudara positif HER-2 yang tidak dapat disembuhkan yang menggunakan konjugat antibodi-obat baru ENHERTU.

ADC adalah obat biofarmasi yang sangat bertarget yang dimaksudkan untuk membunuh sel tumor sambil menghemat sel sehat.

Mereka menggabungkan antibodi monoklonal khusus untuk antigen permukaan yang ada pada sel tumor tertentu dengan agen anti-kanker yang sangat kuat yang dihubungkan melalui penghubung kimia.

Meskipun ENHERTU telah digunakan sebagai pengobatan lini kedua, hasil yang disajikan dalam data dapat mendorong otoritas kesehatan untuk mulai merekomendasikannya untuk digunakan sebagai metode pengobatan awal.

“Hasil uji coba ini sangat bermakna secara klinis bagi pasien kanker payudara positif HER-2,” kata Dr. Sara Tolaney, Kepala Divisi Onkologi Payudara, Dana-Farber Cancer Institute, yang merupakan bagian dari tim peneliti, kepada ABC News.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar dari Kanker

Baca Juga: Mengenal Maturity Onset Diabetes of the Young (MODY), Diabetes Langka dan Menurun di Dalam Keluarga

“Obat antibodi yang kuat ini, akan secara dramatis mengubah pengobatan untuk kanker payudara positif HER-2,” lapor ABC News (21/09/2021).