Find Us On Social Media :

10 Tanaman Ini Ampuh Mempercepat Kesembuhan Demam Berdarah, Tak Kalah Dari Jus Jambu BIji

Jus Jambu biji untuk membantu mempercepat pengobatan demam berdarah.

GridHEALTH.id - Untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah, mengonsumsi jus jambu memang sering menjadi pilihan.

Dikutip dari artikel GridHEALTH.id (24/8/2020), jus jambu biji dipercaya mampu membantu mengobati demam dengan baik.

Hal ini berdasarkan temuan sebuah penelitian salah satunya dari Malaysia yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Medicine tahun 2013 yang menegaskan keampuhan buah jambu dalam mengatasi demam berdarah.

Penelitian tersebut menemukan bahwa buah dengan nama ilmiah Psidium guava itu kaya akan vitamin C, berkhasiat meningkatkan kadar trombosit yang menurun akibat serangan demam berdarah.

Diketahui penyakit demam berdarah dapat membuat jumlah trombosit dalam tubuh menurun drastis.

Dijelaskan dalam laman redcrossblood.org, bahwa trombosit adalah fragmen sel kecil yang tidak berwarna dalam darah kita yang membentuk gumpalan dan berfungsi menghentikan atau mencegah pendarahan.

Normalnya jumlah trombosit pada tubuh seseorang berkisar antara 140.000 sampai 450.000 per mikroliter (mcL) darah.

Dimana jika kadar trombosit dibawah angka tersebut, ada indikasi seseorang mengalami kadar trombosit rendah atau tidak normal.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1997, menyatakan bahwa demam yang disertai penurunan nilai trombosit di bawah 100.000 per mcL dapat dicurigai adanya infeksi virus demam berdarah.

Karenanya tak sedikit pasien demam berdarah yang kekurangan trombosit akhirnya banyak mengonsumsi jus jambu biji, untuk mengobati penyakitnya tersebut.

Tapi tahukah, selain jus jambu terdapat beberapa tanaman yang diteliti dan berpotensi bisa mengobati demam berdarah.

Hal itu seperti yang dipaparkan dalam studi yang dilakukan tim peneliti dari Universiti Teknologi Malaysia, pada 2013 lalu, seperti dilansir darri Kompas.com (8/2/2020).

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Natural Medicines tersebut, ada beberapa tanaman yang potensial bisa digunakan sebagai "obat" herbal mengatasi demam berdarah.

Baca Juga: Percepat Penyembuhan Demam Berdarah Dengan 3 Buah Lezat Ini