Find Us On Social Media :

Bisakah Orang Hidup Selamanya? Secara teoritis, Ya, Kenyataannya Tidak Juga

Kana Tanaka, wanita Jepang yang diklaim menjadi orang tertua saat ini.

GridHEALTH.id - Sebuah pertanyaan yang tidak dapat dijawab selama berabad-abad, apakah mungkin menghindari kematian? Yah, secara teoritis, kata para peneliti, tetapi ketika harus mempraktikkannya, ini jauh lebih rumit dari teori.

Manusia mungkin bisa hidup hingga setidaknya 130 tahun, dan mungkin jauh lebih lama, meskipun kemungkinan mencapai usia tua seperti itu tetap sangat kecil, menurut penelitian baru.

Batas luar umur manusia telah lama diperdebatkan dengan hangat, dengan penelitian terbaru membuat kasus kita bisa hidup hingga 150 tahun, atau berpendapat bahwa tidak ada usia teoretis maksimum untuk manusia.

Penelitian baru, yang diterbitkan Rabu di jurnal Royal Society Open Science, masuk ke dalam perdebatan dengan menganalisis data baru tentang supercentenarian, orang berusia 110 atau lebih, dan semi-supercentenarian, berusia 105 atau lebih.

Sementara risiko kematian umumnya meningkat sepanjang hidup kita, analisis para peneliti menunjukkan bahwa risiko pada akhirnya tetap dan tetap konstan di sekitar 50-50.

"Di atas usia 110 orang dapat berpikir untuk hidup satu tahun lagi hampir seperti membalik koin yang adil," kata Anthony Davison, seorang profesor statistik di Institut Teknologi Federal Swiss di Lausanne (EPFL), yang memimpin penelitian.

Baca Juga: Diare yang Tidak Tertangani Pada Lansia Bisa Sebabkan Alzheimer

Baca Juga: 11 Miliar, Jumlah Vaksin Covid-19 Dibutuhkan Untuk Akhiri Pandemi

"Jika itu muncul di kepala, maka Anda hidup sampai ulang tahun Anda berikutnya, dan jika tidak, maka Anda akan mati di beberapa titik dalam tahun depan," katanya kepada Agence France-Presse (AFP) pada 30/09/2021.