Find Us On Social Media :

11 Miliar, Jumlah Vaksin Covid-19 Dibutuhkan Untuk Akhiri Pandemi

Layanan mobil keliling di provinsi DKI pemberian vaksinasi agar warga mudah mendapatkan vaksin Covid-19.

GridHEALTH.id - Semua orang terus bertanya, kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir mengingat jumlah kematian yang diakibatkan di seluruh dunia tak juga turun.

Satu teori populer yang disebut herd immunity atau kekebalan kelompok adalah bahwa begitu cukup banyak orang mendapatkan kekebalan terhadap SARS-CoV-2, penyebaran penyakit ini akan menurun. I

Sebagian besar peneliti memperkirakan bahwa 60 hingga 70% populasi perlu kebal terhadap penyakit, baik melalui vaksinasi atau paparan virus sebelumnya, untuk mencapai kekebalan kelompok dan memutus rantai penularan.

Vaksinasi massal berupa pemberian vaksin Covid-19 adalah cara yang lebih aman untuk mencapai 'kekebalan kawanan' karena menciptakan kekebalan tanpa menyebabkan penyakit atau komplikasi yang dihasilkan.

Sekarang pertanyaannya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memvaksinasi 70% dunia untuk mengakhiri pandemi Covid-19, dan berapa dosis vaksin yang dibutuhkan?

Setidaknya 11 miliar dosis diperlukan untuk memvaksinasi 70% dunia dan mengakhiri pandemi ini, kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Baca Juga: Ingatkan Skema COVAX, WHO Minta Jangan Ada Vaksin Berbayar di Indonesia

Baca Juga: Terpapar Covid-19, Bisakah Mempengaruhi Keberhasilan Program Bayi Tabung? Ini Kata Dokter

Sekjen PBB mengatakannya pada hari Selasa (20/07/2021) pada pembukaan segmen menteri Forum Politik Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan, yang merupakan platform teratas untuk meninjau pelaksanaan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, kantor berita Xinhua melaporkan (20/07/202).