Find Us On Social Media :

Hari Jantung Sedunia: Apakah Kita Tetap Bisa Terkena Penyakit Jantung Meski Aktif dan Bugar?

Aktif dan bugar belum tentu terhindar dari risiko gangguan jantung.

GridHEALTH.id - Kita sering diberi tahu bahwa olahraga teratur sangat bagus untuk kesehatan kita, terutama mencegah penyakit utama seperti penyakit kardiovaskular. Tapi apakah itu berarti jika kita bugar dan aktif, kita tidak perlu khawatir akan terkena penyakit jantung?

"Jawaban sederhana untuk pertanyaan itu adalah penyakit jantung bukan lagi penyakit setengah baya, tidak sehat dan kelebihan berat badan.

Sekarang penyakit (jantung) adalah penyakit anak muda. Meskipun tubuh kita bugar dan sehat, kita tak boleh mengabaikan kemungkinan ini," kata Dr Sundip Patel, konsultan ahli jantung di London Bridge Hospital (bagian dari HCA UK).

Patel mengatakan tidak jarang melihat pasien berusia 30-an dan 40-an yang bugar dan aktif dengan gaya hidup seha sebagai pilihan. "Sayangnya, semua ini 'dinodai' oleh adanya riwayat keluarga yang berpenyakit jantung," beber Patel.

Pasien yang tampak sehat ini mungkin datang dengan "penyakit jantung diam" (artinya tidak ada gejala yang jelas, atau gejalanya sangat kecil dan mudah terlewatkan) atau serangan jantung yang tampaknya menyerang dengan sedikit peringatan.

Plus, beberapa orang hanya mengetahui bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, misalnya, selama tes rutin, yang sebenarnya ini adalah faktor utama dalam mengembangkan gangguan kesehatan seperti stroke dan serangan jantung di masa depan.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19? Lakukan Pemeriksaan Setiap 6 Bulan Untuk Menghindari Komplikasi Kesehatan Yang Serius Seperti Penyakit Jantung

Baca Juga: Bisakah Orang Hidup Selamanya? Secara teoritis, Ya, Kenyataannya Tidak Juga

Mengutip British Heart Foundation, serangan jantung, gagal jantung dan stroke menjadi penyebab utama kematian, dan ada banyak faktor yang terlibat.