Find Us On Social Media :

Infeksi Mulut dan Gigi Akibat Diabetes Bisa Dicegah, Lakukan Hal Ini

Kadar gula darah tinggi akibat diabetes bisa sebabkan infeksi mulut dan gigi.

GridHEALTH.id - Di seluruh belahan dunia, jumlah penyandang diabetes, khususnya tipe 2, meningkat akibat gaya hidup yang kurang gerak.

Melihat fenomena ini, American Dental Association (ADA) telah mendesak pasien diabetes untuk lebih menjaga kebersihan mulut secara khusus karena telah ditemukan bahwa penyakit tersebut (diabetes) dapat memicu berbagai infeksi mulut.

Menurut para dokter gigi, radang gusi, bercak putih dan merah serta melemahnya gusi karena berkurangnya suplai darah adalah beberapa dari berbagai masalah mulut yang disebabkan oleh diabetes.

Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol memiliki risiko lebih besar mengalami masalah gigi. Mereka lebih mungkin mengalami infeksi pada gusi dan tulang yang menahan gigi mereka, karena diabetes dapat mengurangi suplai darah ke gusi.

Mengamati bahwa gula darah tinggi juga dapat menyebabkan mulut kering dan memperburuk penyakit gusi, ADA mengatakan, lebih sedikit air liur dapat memungkinkan lebih banyak bakteri pembusuk gigi dan penumpukan plak.

Dengan kontrol gula darah yang baik dan perawatan gigi, seseorang dapat menghindari masalah ini.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Berisiko Alami Infeksi Akibat Jamur, Ini Cara Mencegahnya

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Terjadinya Kekambuhan Penyakit Autoimun Radang Usus

Diabetes pada dasarnya mengurangi suplai darah ke gusi. Menurut statistik ADA, satu dari tiga penyandang diabetes menderita periodontitis berbagai tahapan.