Find Us On Social Media :

Diabetik Ketoasidosis Pada Anak Diabetes Tipe 1 Bisa Turunkan Kemampuan Kognitif

Anak diabetes dengan diabetes ketoasidosis bisa menurunkan kognitif.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru menemukan bahwa bahkan satu episode parah dari ketoasidosis diabetik (DKA) pada anak-anak yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 1 terkait dengan masalah kognitif, dan di antara anak-anak dengan diagnosis sebelumnya, paparan DKA berulang memprediksi kinerja kognitif yang lebih rendah setelah memperhitungkan kontrol glikemik.

Ketoasidosis diabetik (DKA), komplikasi serius tetapi umum dari diabetes tipe 1, terkait dengan skor IQ yang lebih rendah dan memori yang lebih buruk pada anak-anak dengan diabetes tipe 1, menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh para peneliti UC Davis Health di Amerika Serikat.

Studi yang dipublikasikan di Diabetes Care baru-baru ini juga merupakan pekerjaan skala besar pertama untuk membedakan antara dampak DKA pada anak-anak dengan diagnosis baru dan anak-anak dengan diagnosis diabetes tipe 1 sebelumnya.

DKA terjadi ketika diabetes tidak terdiagnosis atau tidak dikelola dengan baik. Dengan DKA, gula darah menjadi sangat tinggi karena zat asam yang disebut keton menumpuk hingga tingkat berbahaya di dalam tubuh.

Tanda-tanda awal DKA termasuk rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan mual, sakit perut, kelemahan dan kebingungan.

Para peneliti menilai efek neurokognitif DKA pada anak-anak dengan diabetes tipe 1 yang diketahui serta pada mereka yang baru didiagnosis menderita diabetes.

Baca Juga: Ketoasidosis Diabetik, Ketika Kadar Keton Dalam Penyandang Diabetes Tinggi, Ini yang Harus Dilakukan

Baca Juga: Infeksi Jamur di Kuku, Ini 7 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasinya

Studi ini menemukan bahwa bahkan satu episode DKA parah pada anak-anak yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 1 terkait dengan masalah kognitif, dan di antara anak-anak dengan diagnosis sebelumnya, paparan DKA berulang memprediksi kinerja kognitif yang lebih rendah setelah memperhitungkan kontrol glikemik.