Find Us On Social Media :

Mengetahui Gejala Zika, Penyakit Infeksi Virus Akibat Gigitan Nyamuk

Gejala virus zika antara lain demam. Virus dapat diturunkan dari ibu hamil ke janin yang dikandungnya.

GridHEALTH.id - Virus Zika adalah virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penderita infeksi virus Zika biasanya tidak mengalami gejala atau hanya merasakan gejala ringan.Virus ini pertama kali ditemukan pada seekor monyet di Hutan Zika, Uganda, di tahun 1947. Pada tahun 1952, ditemukan manusia pertama yang terinfeksi virus Zika di Uganda dan Republik Tanzania. Sementara di Indonesia, tercatat ada 5 kejadian infeksi virus Zika dari tahun 1981 hingga 2016.Virus Zika termasuk ke dalam kelompok flavivirus, yaitu keluarga virus yang sama dengan virus penyebab demam berdarah dan chikungunya.Virus Zika ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Spesies nyamuk yang sama dengan spesies nyamuk yang menularkan demam berdarah dan chikungunya.Nyamuk ini aktif di siang hari dan hidup serta berkembang biak di area yang terdapat genangan air.

Proses penularan bermula ketika nyamuk mengisap darah dari seseorang yang telah terinfeksi, lalu menularkan virus ini ke orang lain melalui gigitan.

Baca Juga: Waspada Virus Zika, Penyebab Cacat Otak Yang Bisa Menimbulkan Penyakit Sindrom Guillain-Barre

Baca Juga: Diet Resistensi Insulin untuk Diabetes, Makanan yang DianjurkanSelain melalui gigitan nyamuk, virus Zika bisa menular melalui transfusi darah dan hubungan seks. Virus ini juga dapat diturunkan dari ibu hamil ke janin yang dikandungnya yang bila bayinya lahir dapat menyebabkan kepala kecil (microchepaly).