Find Us On Social Media :

Diet Resistensi Insulin untuk Diabetes, Makanan yang Dianjurkan

Penyandang diabetes perlu asupan serat lebih banyak untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

GridHEALTH.id - Kombinasi makanan yang tepat menjaga insulin dan gula darah tetap terkendali bisa menghindari pasien diabetes dari komplikasi.

Sebenarnya, pasien diabetes tidak memerlukan makanan khusus untuk diet resistensi insulin. Singkatnya, mereka hanya harus makan lebih sedikit lemak tidak sehat, gula, daging, dan pati olahan, dan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, dan unggas tanpa lemak.

Juga, jangan melewatkan waktu makan. Kita mungkin berpikir melewatkan makan berarti lebih sedikit kalori dan lebih banyak penurunan berat badan.

Padahal hal ini malah bisa membuat kadar insulin dan gula darah naik turun. Dan itu dapat menyebabkan lebih banyak lemak perut, yang membuat tubuh lebih cenderung menolak insulin.

Fokus pada kalori dan kualitas. Perdebatan tentang campuran terbaik karbohidrat, protein, dan lemak masih terus berlangsung. Tetapi yang terbaik adalah kita memperhatikan total kalori  dan benar-benar menghitungnya.

Variasikan makanan yang dikonsumsi, tetapi perbanyak makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Baca Juga: Kesalahan Diet Rendah Karbohidrat Harus Dihindari Penyandang Diabetes

Baca Juga: Bisakah Orang Hidup Selamanya? Secara teoritis, Ya, Kenyataannya Tidak Jug

Untuk sayuran, ambil sayuran segar berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung. Mereka rendah karbohidrat dan kalori, dan mereka dikemas dengan nutrisi, sehingga kita bisa makan sebanyak yang kita mau.