Find Us On Social Media :

Infeksi Rotavirus Pada Bayi Bisa Mematikan, Kenali Gejalanya

Berbagai infeksi virus menyebabkan diare pada bayi. Yang paling melemahkan di antara mereka adalah rotavirus.

GridHEALTH.id - Diare pada bayi baru lahir dan anak-anak di bawah usia dua tahun sangat umum. Ada berbagai infeksi atau virus yang dapat menyebabkan diare pada bayi. Yang paling melemahkan di antara mereka adalah rotavirus.

Virus ini menyebabkan infeksi perut yang berujung pada diare dan menggerogoti kesehatan anak. Diare yang disebabkan karena rotavirus kebanyakan menyerang anak-anak di bawah usia dua tahun.

“Infeksi akibat virus ini bersifat parah dan juga menyebabkan kematian dalam jumlah besar,' kata Dr Rohit Agarwal, mantan presiden Asosiasi Dokter Anak India yang bekerja di Rumah Sakit Anak Chandrajoyti, Mumbai di India.

“Sekitar 40% kematian terjadi secara global karena infeksi rotavirus dan virus ini sendiri bertanggung jawab atas 11% kematian anak-anak akibat serangan diare,' kata Dr Agarwal tentang statistik yang mengkhawatirkan.

“Rotavirus adalah penyakit yang ditularkan melalui udara dan dapat mempengaruhi hampir semua lapisan masyarakat pada umumnya,' kata Dr Agarwal.

Bayi dan anak-anak di bawah usia tiga tahun sebagian besar terkena virus ini. Juga jenis infeksi ini sangat menular.

Baca Juga: Di Saat Mengalami Diare, Sebaiknya Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Baca Juga: Mengetahui Gejala Zika, Penyakit Infeksi Virus Akibat Gigitan Nyamuk

Virus ini bisa menyerang orang dewasa. Tetapi jika orang dewasa terinfeksi virus ini, tingkat keparahannya seringkali lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak.