Find Us On Social Media :

Pandu Riono; Mereka Inilah Pemilik Super Immunity, Vaksinasi Booster Mungkinkah Tahun Depan?

Mereka inilah para pemilik super immunitas terhadap Covid-19.

GridHEALTH.id - Tahu kah, sekitar setahun yang lalu - sebelum Delta dan varian lainnya mewabah - ahli virologi Theodora Hatziioannou dan Paul Bieniasz, keduanya di Universitas Rockefeller di New York City, telah mulai membuat versi protein kunci SARS-CoV-2 dengan kemampuan untuk menghindari semua antibodi penghambat infeksi yang dibuat tubuh kita.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi bagian lonjakan – protein yang digunakan SARS-CoV-2 untuk menginfeksi sel – yang ditargetkan oleh antibodi penetral ini untuk memetakan bagian penting dari serangan tubuh kita terhadap virus.

Baca Juga: Mengenal Gejala Norovirus, Infeksi Virus Sebabkan Gangguan Pencernaan

Jadi para peneliti mencampur dan mencocokkan potensi mutasi yang diidentifikasi dalam eksperimen laboratorium dan virus yang beredar, dan menguji lonjakan Franken mereka pada virus 'pseudotype' yang tidak berbahaya yang tidak mampu menyebabkan COVID-19.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan September ini di Nature1, mereka melaporkan bahwa mutan lonjakan yang mengandung 20 perubahan sepenuhnya resisten terhadap antibodi penetral yang dibuat oleh sebagian besar orang yang diuji yang telah terinfeksi atau divaksinasi - tetapi tidak untuk semua orang.

Mereka yang telah pulih dari COVID-19 beberapa bulan sebelum menerima vaksinasi Covid-19, menyimpan antibodi yang mampu melawan lonjakan mutan, yang menunjukkan lebih banyak resistensi terhadap serangan kekebalan daripada varian alami yang diketahui.

Baca Juga: Dermatitis Atopik Pada Bayi, Sebabkan Kulit Kemerahan dan Gatal