Find Us On Social Media :

Luka Infeksi Daerah Operasi, Periksakan ke Dokter JIka Mengalami Gejala Seperti Ini

Waspada infeksi daerah operasi (IDO).

GridHEALTH.id - Infeksi Daerah Operasi (IDO) merupakan kondisi yang harus diwaspadai semua pasien yang telah menjalani prosedur operasi.

Diketahui IDO sendiri dalam bahasa asing dikenal sebegai Surgical Site Infection (SSI).

Ini adalah infeksi yang terjadi di daerah operasi dalam suatu kurun waktu 30 hari pascabedah, atau hingga 1 tahun apabila tindakan bedah tersebut menggunakan implan.

Baca Juga: CDC: Indonesia Masuk Zona Hijau Covid-19 Dunia dan Aman Untuk Dikunjungi

Dan operasi yang dilakukan biasanya bukan terkait dengan penyakit infeksi.

Demikian yang dijelaskan Dr. dr. Warsinggih, Sp.B-KBD, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif & Tim penyusun CPG IDO, dalam webinar yang selenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (IKABI) dan didukung oleh Essity Indonesia, Kamis (28/10/2021) yang diikuti GridHEALTH.id.

Pada acara Clinical Practice Guideline – Infeksi Daerah Operasi (IDO) untuk menyelaraskan persepsi dan keseragaman tata laksana bedah, sehingga dapat menurunkan insiden IDO di Indonesia, disebutkan juga IDO masih merupakan masalah serius dan menjadi tantangan bagi spesialis bedah di negara berkembang. 

Di negara berkembang IDO terjadi 8-30% dari semua pasien yang menjalani prosedur bedah dan menjadi penyebab signifikan morbiditas dan mortalitas setelah operasi.

Mendapat Perhatian Penting Swasta

Menurut dr. Warsinggih IDO termasuk kondisi serius karena memerlukan tindakan pembedahan kembali untuk mencegah perluasaan infeksi ke organ lain.

Baca Juga: Ketahui Tanda-Tanda Infeksi Luka Operasi Ini, Segera Periksakan Jika Mengalaminya