Find Us On Social Media :

Hingga Kini Belum Ada Vaksin Demam Berdarah yang Aman dan Efektif

WHO merekomendasikan agar vaksin hanya diberikan kepada orang dengan mengkonfirmasi infeksi virus dengue sebelumnya.

GridHEALTH.id - Sementara penurunan kasus Covid-19 adalah sesuatu yang telah membantu orang-orang menghela nafas lega, peningkatan jumlah kasus demam berdarah yang tak henti-hentinya telah mengkhawatirkan dokter dan profesional kesehatan di seluruh negara.

Mereka tidak hanya mengalami lonjakan besar dalam jumlah kasus (D), tetapi tampaknya gejala terkait semakin memburuk, mengingat timbulnya jenis baru.

Pada saat seperti itu, vaksin dengue pasti akan menjadi penyelamat. Namun, masih ada jalan panjang. Mengapa?

Perlu diketahui, dengue adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh virus dengue.

Biasa di lingkungan tropis, infeksi virus ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti dan, pada tingkat lebih rendah, Ae. albopictus, dan disebabkan oleh virus dengue yang disebut DENV

Sementara sebagian besar infeksi demam berdarah ringan dan dapat dikelola di rumah, jika tidak diobati dan tanpa pengawasan, dapat berkembang menjadi sesuatu yang disebut demam berdarah parah, komplikasi yang berpotensi mematikan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Pernah Terinfeksi Demam Berdarah? Studi di Brasil Menunjukkan Tingkat Kekebalan Lebih Tinggi Terhadap Covid-19

Baca Juga: Waspadai, 5 Dampak yang Bisa Muncul Akibat Kelebihan Berat Badan

Mengingat bahwa demam berdarah milik keluarga Flaviviridae, ada empat serotipe virus yang berbeda yang disebut DENV-1, DENV-2, DENV-3 dan DENV-4 yang menyebabkan demam berdarah.