Find Us On Social Media :

Dermopati Diabetik, Tampilan Kulit Khas Paling Umum Pada Penyandang Diabetes

Dermopati diabetik, gangguan kulit pada penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Diabetes mellitus adalah penyakit umum dan melemahkan yang mempengaruhi berbagai organ termasuk kulit.

Antara 30 hingga 70% pasien dengan diabetes mellitus, baik tipe 1 dan tipe 2, akan datang dengan komplikasi kulit diabetes mellitus di beberapa titik selama hidup mereka.

Berbagai manifestasi dermatologis telah dikaitkan dengan diabetes mellitus. Kondisi ini bervariasi dalam tingkat keparahan dan bisa jinak, berubah bentuk, dan bahkan mengancam jiwa.

Perubahan kulit seperti itu dapat memberikan wawasan tentang kontrol glikemik pasien dan mungkin merupakan tanda pertama gangguan metabolisme pada pasien diabetes yang tidak terdiagnosis.

Kesadaran dan pengelolaan kondisi ini penting untuk memaksimalkan kualitas hidup dan menghindari efek samping yang serius pada pasien dengan diabetes mellitus.

Salah satu manifestasi kulit paling umum yang sangat terkait dengan diabetes adalah dermopati diabetik atau diabetic dermopathy (DD), juga dikenal sebagai pigmented pretibial patches atau diabetes shin spot.

Baca Juga: Ketika Bercak Hitam Muncul Pada Kulit Penyandang Diabetes, Dermopati Diabetik

Baca Juga: Penyandang Diabetes, Perlunya Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Kisaran Target

DD adalah manifestasi dermatologis diabetes yang paling umum, yang muncul pada setengah dari mereka yang menderita diabetes.