Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 dan Anak, Indonesia Masih Menunggu Dosis Pertama Dewasa Sesuai Target Dulu

Suasana penyuntikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun di Pennsylvania, Amerika Serikat. Indonesia masih menunggu.

GridHEALTH.id - Banyak negara akan memulai program penyuntikan vaksin Covid-19 pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Mengutip dari Kompas.com, jJuru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, suntik vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan menyasar 26,4 orang. Nantinya, vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun diberikan sebanyak dua dosis atau dua kali suntikan."Nantinya target vaksinasi pada anak menyentuh sekitar 26,4 juta orang dengan kebutuhan dua dosis vaksin per orang," ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (02/11/2021).Berbeda dengan orang dewasa, vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun tidak akan berlangsung secara serentak di tingkat nasional.

Wiku mengatakan, sebagaimana yang telah disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy, Meski sudah ada izin BPOM, program pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dilakukan setelah cakupan vaksinasi dosis pertama secara nasional telah melebihi 70% dari total sasaran target vaksinasi.Selain itu, vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun baru dilakukan jika lebih dari 60% populasi lansia telah divaksin.

Baca Juga: Suntikan Penguat Covid-19, Apakah Kandungannya Sama dengan Vaksin Awal?

Baca Juga: Foto Kecelakaan Vanessa Angel Bertebaran di Media Sosial, Pakar Sebut Langgar Etika dan Bisa Sebabkan Trauma Bagi yang Melihat

"Dan vaksinasi (untuk anak) ini dimulai dari kabupaten/kota yang telah memenuhi target tersebut. Kemudian pemerintah berusaha mencapai target ini di akhir 2021," ucap Wiku.