Find Us On Social Media :

Mirip, LADA Sering Dikira Diabetes Tipe 2, Padahal Ini Gejala Khasnya

GridHEALTH.id - LADA adalah singkatan dari Latent Autoimmune Diabetes of Adulthood. LADA adalah bentuk diabetes tipe 1 yang berkembang kemudian menjadi dewasa.

Menurut UK Prospective Diabetes Study menemukan bahwa antibodi khusus untuk kasus LADA ditemukan di antara 6% dan 10% kasus diabetes. Di antara orang yang didiagnosis dengan diabetes pada usia lebih muda dari 35 tahun, LADA dapat menyebabkan hingga 25% kasus.

LADA cenderung berkembang lebih lambat daripada diabetes tipe 1 di masa kanak-kanak dan, karena LADA terkadang tampak mirip dengan diabetes tipe 2, dokter mungkin salah mendiagnosis LADA sebagai diabetes tipe 2.

Alasan mengapa LADA sering disalahartikan sebagai diabetes tipe 2 karena berkembang dalam jangka waktu yang lebih lama daripada diabetes tipe 1 pada anak-anak atau orang dewasa yang lebih muda.

Sedangkan diabetes tipe 1 pada anak-anak cenderung berkembang dengan cepat, terkadang dalam hitungan hari, LADA berkembang lebih lambat, terkadang selama beberapa tahun.

Timbulnya gejala diabetes yang lebih lambat pada orang di atas 35 tahun dapat menyebabkan dokter umum mendiagnosis kasus LADA sebagai diabetes tipe 2.

Baca Juga: LADA, Diabetes Autoimun Laten Pada Orang Dewasa Rawan Komplikasi

Baca Juga: Covid-19 Selama Kehamilan Berisiko Kelahiran Mati Pada Bayi, Studi

Gejala LADA meliputi merasa lelah sepanjang waktu atau lelah secara teratur setelah makan, mengalami rasa lapar bahkan setelah makan, dan kepala sering pusing.