Find Us On Social Media :

Risiko Kelahiran Prematur Lebih Banyak Pada Pasien Covid-19, Studi

Ibu hamil yang terkena Covid-19 berisiko melahirkan prematur.

GridHEALTH.id - Wanita hamil yang didiagnosis dengan Covid-19 secara signifikan berisiko lebih tinggi melahirkan prematur, dengan data menunjukkan bahwa seperempat dari ibu hamil dengan penyakit tersebut melahirkan lebih awal.

Merih Cetinkaya, seorang profesor di Universitas Ilmu Kesehatan di Istanbul, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) pada 30 November 2021, bahwa varian Delta telah memiliki efek nyata pada wanita hamil.

Cetinkaya mengatakan telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah wanita hamil yang dirawat di ruang perawatan intensif dan/atau kehilangan nyawa karena virus tersebut.

Bayi yang lahir dari ibu yang dirawat di unit perawatan intensif dengan Covid-19 parah juga cenderung tinggal di rumah sakit lebih lama setelah lahir, Cetinkaya menambahkan, mencatat bahwa Kementerian Kesehatan telah meminta semua wanita hamil di Turki untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin.

"Covid-19 menyebabkan kelahiran prematur," katanya. “Sudah banyak penelitian tentang kelahiran prematur pascapandemi di seluruh dunia,” ujarnya.

Rata-rata global kelahiran prematur adalah sekitar 11%, yang berarti ibu hamil yang terkena Covid-19 memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk melahirkan lebih awal.

Baca Juga: Studi: Satu Tablet Aspirin Setiap Hari Dikonsumsi Ibu Hamil Dapat Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Baca Juga: Healthy Move, 9 Tanda Kelebihan Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Mengutip sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah di AS, dia berkata: "Kami mengamati ini di layanan (rumah sakit) kami sendiri. Menurut studi terbaru, satu dari setiap empat wanita hamil yang tertular virus corona melahirkan prematur."