Find Us On Social Media :

Menyerang Sistem Kekebalan Tubuh, Begini Cara Deteksi HIV/AIDS

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dan AIDS tahap lanjutan dari infeksi yang tidak tertangani.

GridHEALTH.id - Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Diidentifkasi pertama kali pada 1981, HIV menyebabkan terjadinya epidemi paling mematikan dan presisten bagi manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menyebutkan kalau HIV hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan global yang paling besar.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Umumkan Hanya Mereka yang Dapat Vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Johnson and Johnson Boleh Langsung Beribadah Umrah

Diketahui, sekitar 36,3 juta orang hidup dengan penyakit ini. Pada akhir tahun 2020, diperkirakan sebanyak 37,7 juta orang hidup dengan HIV dan paling banyak berada di wilayah Afrika, dikutip dari laman WHO, Rabu (1/12/2021).

HIV merupakan singkatan dari human immunodeficiency virus yang menyerang sistem kekebalan dan memperlemah pertahanan tubuh seseorang saat terjadi infeksi.

Baca Juga: Heboh Warga Thailand Makan Ikan Hidup Mentah-mentah, Ini Risikonya

Ketika masuk ke dalam tubuh, virus tersebut akan menghancurkan dan merusak fungsi sel kekebalan yang biasanya diukur dengan jumlah CD4.

Penyebaran human immunodeficiency virus (HIV) terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh tertentu dari orang yang menderita penyakit ini.