Find Us On Social Media :

200.000 Anak dan Remaja di Bawah 20 tahun Jadi Penyandang Diabetes, Ini Gejala dan Pencegahannya

Gaya hidup dan obesitas membuat orang usia muda berisiko mengalami diabetes.

GridHEALTH.idDiabetes bukan merupakan penyakit yang hanya dialami oleh orang dewasa saja.

Pasalnya, orang-orang di usia muda pun saat ini juga sudah banyak yang menjadi penyandang diabetes. The National Diabetes Statistic Report 2020 menunjukkan, sekitar 200.000 anak dan remaja di bawah usia 20 tahun di Amerika Serikat sudah didiagnosis terkena diabetes.

Baca Juga: Kulit Gatal Dialami Penyandang Diabetes, Atasi Dengan Cara Berikut

Umumnya, diabetes tipe 1 merupakan kasus diabetes di usia muda yang paling umum terjadi. Akan tetapi, jumlah penyandang diabetes tipe 1 dan tipe 2 usia muda terus mengalami peningkatan.

National Institute of Health menunjukkan, setiap tahun penyandang diabetes tipe 1 naik 1,8% dan diabetes tipe 2 bertambah sebanyak 4,8%.

“Kami sudah melihat peningkatan tingkat diabetes tipe 2 dan komplikasi terkait diabetes pada remaja dan dewasa muda, dan temuan baru ini adalah bukti dari epidemi yang berkembang dan ancaman yang sangat mengkhawatirkan bagi masa depan kesehatan bangsa kita,” kata Ann Albright, Ph.D, direktur Divisi of Diabetes CDC, dikutip dari laman CDC (5/12/2021).

Meningkatnya diabetes tipe 2 pada orang-orang usia muda disebabakan oleh faktor keturunan keluarga, obesitas, dan gaya hidup yang kurang bergerak.

Gejala diabetes tipe 2 baik pada usia muda ataupun dewaa, biasanya berkembang secara perlahan dan membutuhkan waktu beberapa bulan hingga tahun untuk mendiagnosisnya.

Gejala Diabetes Tipe 2

Baca Juga: 6 Ciri Diabetes Kronis, Gula Darah Tak Terkontrol Berisiko Komplikasi