Find Us On Social Media :

Varian Omicron Telah Berevolusi Berbulan-bulan Tanpa Ketahuan, Ahli Virologi Mengaku Kecolongan

Varian virus corona Omicron diduga sudah berevolusi sejak berbulan-bulan lalu tanpa ketahuan.

GridHEALTH.id - Varian virus corona Omicron yang baru ditemukan sebenarnya telah ada dan berevolusi sejak berbulan-bulan lalu, kata ahli virologi Wolfgang Preiser.

“Menurut pengetahuan saat ini, bentuk awal Omicron berevolusi sebagai jenis virus yang terpisah bahkan sebelum Alfa dan Delta muncul,” Preiser, ahli virologi medis di Universitas Stellenbosch dekat Cape Town, mengatakan kepada Deutsche Presse-Agentur (DPA) pada 06 Desember 2021. Preiser adalah anggota konsorsium penelitian yang menemukan varian tersebut.

Jenis virus ini kemudian mungkin berevolusi selama berbulan-bulan tanpa menarik perhatian, kata Preiser. "Pertanyaannya adalah: Mengapa Omicron tetap tersembunyi begitu lama dan baru sekarang bisa menyebar begitu cepat?"

Bukti varian tertua yang diketahui sejauh ini berasal dari paruh pertama November 2020. Varian Omicron, yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan Botswana, memiliki sejumlah besar mutasi. Antara lain, mereka mempengaruhi protein lonjakan di mana virus berlabuh ke sel manusia.

Selain itu, ada mutasi di dekat apa yang disebut situs pembelahan furin, wilayah yang berperan dalam penyerapan virus ke dalam sel manusia.

Di Jerman, menurut badan pengendalian penyakit Robert Koch Institute (RKI), empat kasus varian Omicron telah dikonfirmasi oleh pengurutan genom, semuanya pelancong yang kembali dari Afrika Selatan.

Baca Juga: WHO Minta Dunia Tidak Bereaksi Berlebihan Terhadap Varian Omicron

Baca Juga: Healthy Move, 2 Latihan Mudah Dilakukan Untuk Mendapatkan Perut Rata

Varian ini dicurigai dalam delapan kasus lain di Jerman. Namun, para ahli berasumsi bahwa sudah ada lebih banyak kasus.