Find Us On Social Media :

Pembekuan Darah Setelah Mendapat Vaksin Covid-19, Ini Penyebabnya

Pembekuan darah setelah mendapat vaksin Covid-19.

GridHEALTH.id - Ditemukannya kasus pembekuan darah membuat tak sedikit masyarakat merasa enggan mandapatkan vaksin Covid-19, terutama vaksin AstraZeneca.

Padahal penyuntikan vaksin Covid-19 ini diketahui sangat penting, selain mencegah penularan semakin luas, juga bisa meminimalisir keparahan dari infeksi virus Covid-19 yang sedang mewabah.

Dikutip dari nhs.uk (30/3/2021), artikel "Why Vaccination Is Safe and Important" menyebutkan bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Itu artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan tubuh kita akan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga dampak infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.

Lantas, apa penyebab sebenarnya pembekuan darah pada mereka yang sudah divaksin Covid-19?

Dilansir Kompas.com dari BBC Indonesia (6/12/2021), vaksin AstraZeneca beberapa kali dikeluhkan menyebabkan efek samping berupa pembekuan darah.

Para ilmuwan mengklaim telah menemukan pemicunya. Ada penjelasan secera terperinci bagaimana sebuah protein dalam darah tertarik pada komponen kunci dari vaksin.

Hal ini ditemukan oleh Tim peneliti dari Cardiff, Inggris dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Selesai, Penemu AstraZeneca: Dunia Harus Siap Hadapi Kondisi yang Lebih Buruk