Find Us On Social Media :

Pengobatan MERS- CoV Semakin Dekat, Ahli Temukan Antibodi Manusia Untuk Melawannya

Sindrom Pernapasan Timur Tengah Virus Corona (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus/MERS-CoV)

GridHEALTH.id - Para ilmuwan telah mengidentifikasi antibodi manusia alami terhadap virus yang menyebabkan Sindrom Pernapasan Timur Tengah Virus Corona (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus/MERS-CoV), sebuah langkah menuju pengembangan pengobatan untuk penyakit yang baru muncul dan seringkali fatal.

Para peneliti menemukan bahwa antibodi 'penetral' ini mencegah bagian penting dari virus, yang dikenal sebagai MERS CoV, menempel pada reseptor protein yang memungkinkan virus menginfeksi sel manusia.

Penelitian ini dipimpin oleh Wayne Marasco, MD, seorang ahli penyakit menular di Dana-Farber Cancer Institute, Boston Institute di Chicago.

Marasco dan rekan menemukan antibodi MERS menggunakan 'perpustakaan' dari sekitar 27 miliar antibodi manusia yang telah mereka buat dan pertahankan dalam freezer di Dana-Farber, ini adalah salah satu perpustakaan terbesar di dunia.

Antibodi adalah protein yang dibuat oleh sistem kekebalan yang mengenali virus dan bakteri asing.

Antibodi penetralisir adalah antibodi yang tidak hanya mengenali virus tertentu tetapi juga mencegahnya menginfeksi sel inang, sehingga akhirnya infeksi 'dibersihkan' dari individu.

Baca Juga: Mengobati MERS-CoV, Penyakit Infeksi Pernapasan Karena Virus Corona

Baca Juga: Healthy Move, 7 Tips Untuk Berjalan di Pantai Agar Manfaatnya Maksimal

Tim peneliti mengambil tujuh antibodi penetral spesifik MERS dari perpustakaan setelah menggunakan sampel virus untuk menyaringnya.