Find Us On Social Media :

Lembaga Kesehatan Eropa Sebutkan Omicron Hanya Sebabkan Sakit Ringan

Fakta sementara temuan Badan Pengobatan Eropa, varian Omicron hanya sebabkan sakit ringan.

GridHEALTH.id - Varian virus corona yang baru ditemukan, Omicron, dapat menyebabkan penyakit ringan, kata Badan Pengobatan Eropa (European Medicines Agency/EMA) ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan agar tidak terulangnya penimbunan vaksin oleh negara-negara kaya.

Penilaian sementara dari EMA muncul setelah WHO mengatakan minggu ini ada beberapa bukti bahwa Omicron menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada Delta, varian dominan saat ini.

EMA menggemakan temuan itu tetapi mengatakan penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan.

"Kasus tampaknya sebagian besar ringan, namun kami perlu mengumpulkan lebih banyak bukti untuk menentukan apakah spektrum keparahan penyakit yang disebabkan oleh Omicron berbeda (dengan) dari semua varian yang telah beredar sejauh ini," kata Marco Cavaleri, kepala EMA.

Varian yang sangat bermutasi pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan memicu kepanikan global ketika muncul bulan lalu, memicu kekhawatiran itu bisa lebih menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah atau menghindari vaksin.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada hari Jumat (10/12/2021) mengatakan bahwa data yang muncul dari Afrika Selatan menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan Omicron.

Baca Juga: Plasma Darah Tidak Boleh Digunakan Untuk Pengobatan Covid-19, WHO

Baca Juga: Healthy Move, Perut Rata Tanpa Latihan Berat Ternyata Bisa Didapat

Cavaleri mengatakan bahwa data awal menunjukkan bahwa Omicron lebih menular daripada Delta, tetapi tidak ada tahun yang jelas apakah itu akan menggantikan strain dominan yang lebih dulu.