Find Us On Social Media :

Ciri Luka Bakar Infeksi, Jangan Diabaikan, Ini Cara Menanganinya

Gambar Kiri: Luka bakar dipunggung akibat dibalur bawang putih. Gambar Kiri: Kulit melepuh pasien yang sebelumnya ingin menghilangkan tato dengan bawang putih.

GridHEALTH.idLuka bakar merupakan salah satu jenis luka yang menyakitkan. Ini adalah kerusakan jaringan yang dsiebabkan oleh udara panas, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan radiasi lainnya.

Kondisi luka bakar yang terjadi bisa dalam skala yang ringan, tapi juga dapat mengancam nyawa seseorang.

Tingkatan Luka Bakar

Luka bakar dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni luka bakar tingkat pertama, kedua, dan ketiga, dikutip dari John Hopkins Medicine (19/12/2021).

Baca Juga: 3 Sebab Penyembuhan Luka Lebih Lambat Pada Penyandang Diabetes

Luka bakar tingkat pertama hanya terjadi pada bagian atas kulit saja. Area yang terbakar akan kemerahan, nyeri, kering, dan tidak ada lepuh.

Kemudian luka bakar tingkat kedua, sudah mengenai epidermis dan bagian lain dari lapisan dermis kulit. Di kondisi ini, luka berwarna merah, melepuh, dan bengkak disertai nyeri.

Sedangkan luka bakar tingkat tiga, merupakan kondisi yang parah. Di mana epidermis dan dermis telah hancur.

Pada tahap tersebut, luka bakar juga bisa mengenai tulang, otot, dan tendon di bawahnya. Ini memasuki tahap luka bakar tingkat empat, yang membuat luka nampak berwarna putih dan mati rasa karena kerusakan saraf.

Baca Juga: Luka Terinfeksi Sebabkan Korengan Bernanah, Begini Cara Perawatannya

Luka Bakar Infeksi