Find Us On Social Media :

Masalah Kesehatan Anak yang Sering Terjadi di Masa Pertumbuhan

Masalah kesehatan anak dapat berdampak pada tumbuh-kembangnya.

GridHEALTH.id - Menurut data Riskesdas tahun 2018, selama 5 tahun terakhir ada beberapa masalah kesehatan anak yang sering terjadi sehingga menjadi fokus utama untuk terus ditangani antara lain Berat Badan Lahir Rendah, dan gizi buruk atau malnutrisi.

Masalah lainnya adalah penyakit menular untuk anak dibawah 5 tahun seperti: Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Pneumonia, TB Paru dan Diare.

Dokter Melisa Lilisari, SpA, MKes, spesialis Anak di Klinik Bamed Bintaro mengatakan, terdapat dua aspek penting yang harus diperhatikan untuk mengetahui ada tidaknya masalah dalam tumbuh kembang anak.

Aspek Pertumbuhan (pertambahan ukuran), yang merupakan aspek fisik, yang meliputi angka berat badan anak, tinggi badan anak, dan lingkar kepala anak.

Hal ini sangat penting dilakukan rutin setiap bulan terutama pada 2 tahun pertama untuk mendeteksi adanya gangguan pertumbuhan yang menandakan adanya permasalahan nutrisi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan intervensi.

Caranya adalah dengan memasukkan angka berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala pada grafik pertumbuhan sesuai usia dan jenis kelamin.

Baca Juga: Malnutrisi Selama Kehamilan Berisiko Bagi Kesehatan Anak, Studi

Baca Juga: Tanda Diabetes Tipe 1 Pada Bayi, Haus Berlebihan dan Sering Kencing

Selain itu adalah aspek Perkembangan, yang menilai tentang peningkatan kemampuan atau kepintaran seorang anak yang dapat dikorelasikan dengan penilaian terhadapmaturitas fungsi organ atau kualitas organ anak.