Find Us On Social Media :

Gejala dan Penanganan Tonsilitis, Radang Amandel Akibat Virus dan Bakteri

Radang amandel atau tonsilitis disebabkan karena adanya imfeksi virus atau bakteri.

GridHEALTH.id-  Meskipun sebagian besar terlihat pada anak-anak, infeksi tenggorokan berulang dapat terjadi pada orang dewasa juga dan dapat menyebabkan radang amandel, radang amandel.

Amandel adalah kelenjar, lunak, benjolan merah yang dapat dilihat di bagian belakang tenggorokan.

Mereka adalah bagian dari sistem kekebalan manusia dan terdiri dari jaringan yang membantu tubuh untuk mempertahankan diri terhadap berbagai penyakit yang menyebabkan kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan dan sistem pernapasan bagian atas.

Terkadang, dalam proses memberikan perlindungan pada tubuh dengan menyerang bakteri dan virus yang masuk, amandel sendiri bisa terinfeksi dan meradang.

Tonsilitis hanya mengacu pada peradangan amandel biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau jarang karena infeksi bakteri.

Tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi virus dapat menular tergantung pada apakah individu tersebut sebelumnya pernah terpapar virus tersebut atau tidak. Misalnya, mononukleosis, penyebab virus sakit tenggorokan, menular ketika seseorang pertama kali terpapar virus.

Asumsi umum mengatakan, hanya anak-anak yang menderita tonsilitis. Tapi, itu tidak benar. Alasan mengapa tonsilitis lebih sering terlihat pada anak-anak adalah karena mekanisme kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang seperti pada orang dewasa.

Baca Juga: Radang Amandel Pada Anak, Ini Cara Menanganinya Sebelum ke Dokter

Baca Juga: Healthy Move, Taekwondo Bisa Untuk Segala Usia, Ini Manfaatnya

Hal ini membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi. Menyembuhkan tonsilitis sekali selama masa kanak-kanak tidak berarti tidak dapat terjadi lagi.