Find Us On Social Media :

Pemerintah Akhirnya Setujui Vaksin Nusantara Berkat Arahan Jokowi Jadi Vaksin Booster, Terawan Ucapkan Terimakasih

Jokowi berikan arahan vaksin nusantara jadi vaksin booster.

GridHEALTH.id - Sebagaimana diketahui, Vaksin Nusantara adalah vaksin COVID-19 yang diinisiasi Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Sejak awal penelitiannya, vaksin COVID-19 ini menuai banyak sekali polemik. Puncak polemik itu terjadi ketika sejumlah anggota Komisi IX DPR dikabarkan akan disuntik Vaksin Nusantara dalam uji klinis fase II di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (14/4/2021).

Padahal, dalam proses pengembangannya Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) tidak memberikan izin untuk melakukan uji klinis fase II terhadap manusia. Pasalnya, untuk uji klinis fase 1 saja vaksin ini dinyatakan tidak lulus.

Tapi saat ini, atas arahan Presiden Republik Indoensia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, vaksin Nusantara menjadi salah satu opsi vaksin booster Covid-19.

Selain vaksin Nusantara, vaksin lain yang menjadi opsi booster vaksin Covid-19 dalam program Merah Putih yakni vaksin Unair dan Biotis, Bio Farma dan Baylor College, Kalbe Farma-Genexin, dan Anhui.

"Arahan Bapak Presiden, beberapa opsi vaksin booster yang akan disiapkan dengan Vaksin Merah Putih yang dikembangkan BUMN dengan Baylor (Medical College), vaksin kerja sama dalam negeri termasuk yang masuk dalam program Merah Putih adalah Unair dan Biotis, Bio Farma dan Baylor College, Kalbe Farma-Genexin, dan Anhui, plus vaksin Nusantara," paoar Airlangga saat konferensi pers vitrual Evaluasi PPKM (20/12/2021).

Revisi Perpres dan Permenkes

Baca Juga: Mantan PSK Buka Rahasia, Alasan Suami Rela Membayar dan Bercinta Dengan PSK Padahal Punya Istri Cantik dan Muda