Find Us On Social Media :

Kaleidoskop Kesehatan 2021, Bagaimana Jadinya Ketika Covid-19 Menjadi Endemik? Simak Jawaban Pakar Imumonologi dan Penyakit Menular

Endemi Covid-19 berarti virus corona bakal terus ada meskipun pandemik sudah dinyatakan berakhir.

GridHEALTH.id - Kekebalan yang diberikan dari infeksi alami dan vaksin, pola kontak sosial, dan penularan virus semua akan berperan dalam seperti apa Covid-19 kelak.

Berikut 'ramalan' Yonatan Grad, Melvin J. dan Geraldine L. Glimcher Associate Professor Imunologi dan Penyakit Menular. di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard T.H Chan bila pandemi Covid-19 berubah menjadi endemik, seperti ditulis oleh Karen Fletcher:

T: Banyak ahli mengatakan mereka memperkirakan Covid-19 menjadi penyakit endemik. Bagaimana suatu penyakit berubah dari akut menjadi endemik? Faktor apa yang membentuk transisi ke endemisitas? Apa kemungkinan garis waktu Covid-19 menjadi endemik?

Harapan bahwa Covid-19 akan menjadi endemik pada dasarnya berarti bahwa pandemi tidak akan berakhir dengan hilangnya virus.

Sebaliknya, pandangan optimis adalah bahwa cukup banyak orang akan mendapatkan perlindungan kekebalan dari vaksinasi dan dari infeksi alami sehingga penularan akan berkurang dan lebih sedikit rawat inap dan kematian terkait Covid-19, bahkan ketika virus terus beredar.

Sirkulasi lanjutan yang diharapkan dari SARS-CoV-2 berlawanan dengan putaran pertama SARS pada tahun 2003 dan dengan wabah virus Ebola di Afrika Barat pada tahun 2014, ketika langkah-langkah kesehatan masyarakat akhirnya menghentikan penyebaran dan mengakhiri kedua wabah tersebut.

Baca Juga: Fix, WHO Sebut Virus Corona Tak Akan Pernah Hilang, Sepakat Berdamai Seperti Kata Jokowi?

 Baca Juga: Healthy Move, Aneka Jenis Olahraga Untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Meskipun ada perbedaan penting antara virus dan konteksnya, perbandingan ini menggarisbawahi kebutuhan kritis untuk meningkatkan infrastruktur kesehatan masyarakat global dan sistem pengawasan untuk memantau dan membantu menanggapi potensi virus pandemi berikutnya yang tak terhindarkan.