Find Us On Social Media :

Healthy Move, Aneka Jenis Olahraga Untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Senam Tai Chi adalah salah satu olahraga yang dianjurkan untuk mengatasi nyeri punggung.

GridHEALTH.id - Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan oleh penderita nyeri punggung bawah adalah tetap aktif secara fisik dalam kehidupan sehari-hari dan berolahraga secara teratur.

Hal-hal yang telah terbukti membantu termasuk latihan untuk memperkuat otot inti, serta latihan tertentu yang digunakan dalam pilates, tai chi dan yoga.

Kurang gerak dapat melemahkan otot inti, memperburuk rasa sakit dalam jangka panjang, dan juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Karena itu, orang yang menderita sakit punggung sering disarankan untuk "lebih banyak berolahraga" dan "tetap aktif."

Sebagai permulaan, latihan fisik secara teratur telah terbukti mengurangi rasa sakit. Terlebih lagi, adalah ide yang baik untuk menjalani kehidupan sehari-hari senormal mungkin, dan tidak membiarkan rasa sakit membatasi aktivitas terlalu banyak.

Penelitian juga menemukan bahwa melakukan olahraga teratur dapat mengurangi frekuensi serangan nyeri punggung berulang hingga hampir setengahnya.

Baca Juga: Healthy Move, 5 Latihan Memperkuat dan Meredakan Nyeri Punggung

Baca Juga: 6 Pengobatan Rumahan Diabetes Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Jenis olahraga yang terbukti efektif antara lain sebagai berikut:

- Program khusus yang terdiri dari latihan untuk memperkuat dan menstabilkan otot perut bagian dalam (tummy), punggung dan panggul, serta latihan endurance dan latihan untuk meregangkan otot di betis, pinggul dan paha.