Find Us On Social Media :

Penyebab Sering Lemas pada Penyandang Diabetes dan Cara Mengatasinya

Gula darah tinggi sebabkan penyandang diabetes lemas.

GridHEALTH.id - Kelelahan dan lemas sering dirasakan oleh penyandang diabetes. Bahkan badan lemas menjadi salah satu gejala dari kondisi ini.

Badan lemas yang dirasakan oleh penyandang diabetes memiliki hubungan dengan kadar gula darah tinggi, dilansir dari Diabetes.co.uk, Rabu (29/12/2021).

Kadar gula darah yang tinggi disebabkan oleh ketidakadaan insulin atau hormon insulin yang teralu sedikit dalam tubuh. Kondisi seperti ini, sering dialami oleh penyandang diabetes tipe 1.

Sedangkan pada penyandang diabetes tipe 2, kadar gula darah tinggi dipengaruhi oleh hormon insulin yang tidak bekerja dengan baik.

Hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas dibutuhkan  untuk mengantarkan gula darah ke sel-sel dalam tubuh dan diubah menjadi energi.

Jika fungsi tersebut tidak berjalan dengan baik, maka tidak ada energi pada tubuh. Sehingga penyandang diabetes pun sering merasa lemas.

Badan lemas penyandang diabetes pun juga terkadang dipengaruhi oleh kadar gula darah yang rendah. Ketika mengalami hipoglikemia, tubuh kehabisan "bahan bakar" untuk beraktivitas.

Baca Juga: Pencegahan Kebutaan Pada Penyandang Diabetes, Begini Caranya

Sehingga dibutuhkan karbohidrat yang lebih banyak. Namun ini juga membuat penyandang diabetes perlu mengatur ulang dosis pengobatannya.

Cara Mengatasi Badan Lemas