Find Us On Social Media :

Laporan Akhir Tahun WHO, Dunia Gagal Mencapai Target 40% Vaksinasi Covid-19

Target vaksinasi 40% dari populasi di setiap negara di akhir tahun tidak tercapai, menurut WHO.

GridHEALTH.id - Dunia sedang mencoba yang terbaik untuk membuat semua orang divaksinasi terhadap Covid-19, tetapi rencana seperti itu gagal sepenuhnya mencapai tujuan mereka karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah kehilangan targetnya untuk memvaksinasi 40% dari populasi di setiap negara oleh akhir tahun. Kekurangannya sangat serius terjadi di benua Afrika.

Sekitar setengah dari 194 negara anggota WHO tidak akan memenuhi target. Di sekitar 40 negara, bahkan tidak 10% dari populasi telah divaksinasi.

WHO sebagian besar menyalahkan penimbunan vaksin, terutama di antara segelintir negara Barat yang kaya, yang sudah memberikan suntikan booster.

Pada hari Selasa (29/12/2021), lebih dari 8,6 miliar dosis vaksin telah diberikan di seluruh dunia, tetapi sebagian besar di negara-negara berpenghasilan tinggi yang memiliki sumber daya untuk mengamankan kontrak mereka sendiri dengan produsen vaksin.

Lusinan negara bergantung pada pasokan dari COVAX, program berbagi vaksin yang didukung PBB yang dimaksudkan untuk memasok vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Negara-negara makmur telah dikecam karena tidak berbuat cukup untuk mendukung kesetaraan vaksin global melalui COVAX.

Namun, pengiriman vaksin melalui skema tersebut telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pada minggu terakhir bulan Desember, COVAX telah mengirimkan 722 juta dosis.

Baca Juga: WHO Desak G20 Danai Vaksin, Tes, dan Obat Covid-19 Merata Hingga Negara Miskin

Baca Juga: Ketika Malaria Menginfeksi Plasenta Selama Kehamilan, Kekebalan Bayi di Masa Depan Dapat Terpengaruh

Data memberikan gambaran yang memberatkan: WHO mengatakan bahwa sekitar 171 dosis vaksin per 100 penduduk telah diberikan di Jerman, tetapi di Madagaskar hanya di bawah 2,7 dan di Republik Demokratik Kongo 0,32. Di sebagian besar negara Afrika, jumlahnya berada dalam kisaran dua digit yang rendah.