Find Us On Social Media :

Sering Olahraga Tapi Berat Badan Tak Turun? Saatnya Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

GridHealth.ID – “Sering olahraga, tapi kok berat badan tidak kunjung turun?” Pertanyaan tersebut sering muncul di benak banyak orang, terutama mereka yang sedang berusaha mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan berolahraga atau beraktivitas fisik secara intens.

Kesulitan dalam menurunkan berat badan bisa menjadi tanda bahwa laju metabolisme tubuh lambat. Dilansir dari laman Mayo Clinicmetabolisme adalah proses mengubah nutrisi dari makanan dan minuman menjadi energi.

Apabila metabolisme lambat, tubuh membakar kalori dengan perlahan. Dengan begitu, kalori dalam tubuh menumpuk sehingga berat badan cenderung stabil, bahkan naik, meskipun aktivitas fisik dilakukan.

Menyadari bahwa metabolisme merupakan salah satu kunci untuk memiliki gaya hidup sehat, Garmin menghadirkan ‘Health Campaign’ untuk membantu pengguna mencapai goal kesehatan yang mereka inginkan.

Melalui kampanye tersebut, Garmin percaya bahwa menjadi sehat adalah pilihan. Oleh sebab itu, Garmin menghadirkan teknologi jam tangan pintar atau smartwatch yang dapat membantu penggunanya membangun gaya hidup sehat sehari-hari.

Anda yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh juga dapat melakukan beberapa langkah sederhana dengan bantuan teknologi smartwatch dari Garmin.

Langkah mudah ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia. Dengan demikian, tidak ada kata terlambat bagi Anda yang ingin memperoleh tubuh ideal. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

1. Kurangi konsumsi gula

Makanan dan minuman manis menjadi favorit banyak orang. Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat memperlambat pembakaran kalori dalam tubuh.

Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Nutrition (2011). Dalam penelitian tersebut, orang dengan kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas mengonsumsi minuman dengan kandungan gula fruktosa selama 10 minggu.

Hasilnya, orang-orang tersebut mengalami penurunan laju metabolisme yang signifikan. Jumlah energi yang dikeluarkan tubuh juga turut mengalami penurunan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun merekomendasikan batas konsumsi gula per hari, yaitu 50 gram atau setara 5-9 sendok teh. Selain itu, Anda sebaiknya mengonsumsi gula dalam bentuk makanan alami, seperti buah-buahan dan madu.