Find Us On Social Media :

Menstruasi Wanita Bisa Sedikit Terlambat Pasca Vaksin Covid-19, Studi

Menstruasi Wanita yang divaksinasi Covid-19 mengalami sedikit keterlambatan .

GridHEALTH.id - Wanita yang divaksinasi Covid-19 mengalami sedikit keterlambatan menstruasi hampir sehari dibandingkan dengan mereka yang divaksinasi yang tidak divaksinasi, menurut sebuah penelitian yang didanai pemerintah AS yang dimuat di AFP (06/01/2022).

Tetapi jumlah hari perdarahan tidak terpengaruh, menurut penelitian yang dilakukan pada hampir 4.000 orang dan diterbitkan dalam "Obstetrics & Gynecology."

Penulis utama Alison Edelman dari Oregon Health & Science University mengatakan kepada AFP bahwa efeknya kecil dan diperkirakan bersifat sementara.

Studi ini juga dapat membantu melawan misinformasi anti-vaksin tentang topik tersebut, yang merajalela di media sosial.

Sedikit peningkatan panjang siklus menstruasi tidak signifikan secara klinis. Setiap perubahan kurang dari delapan hari diklasifikasikan sebagai normal oleh International Federation of Gynecology and Obstetrics.

Siklus menstruasi umumnya berlangsung sekitar 28 hari, tetapi jumlah yang tepat bervariasi dari satu wanita ke wanita lain, serta dalam masa hidup seseorang. Itu juga dapat berubah selama masa stres.

Untuk studi mereka, para ilmuwan menganalisis data anonim dari aplikasi pelacakan kesuburan, di antara wanita berusia 18 hingga 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal.

Sekitar 2.400 peserta divaksinasi, mayoritas dengan Pfizer (55%), diikuti oleh Moderna (35 %) dan Johnson & Johnson (7%).

Sekitar 1.500 wanita yang tidak divaksinasi juga dimasukkan sebagai pembanding. Di antara kelompok yang divaksinasi, data dikumpulkan dari tiga siklus berturut-turut sebelum vaksinasi dan dari tiga siklus berturut-turut, termasuk siklus atau siklus di mana vaksinasi berlangsung.

Baca Juga: Healthy Move, 4 Latihan Ringan Untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Baca Juga: Terlalu Besar atau Kekecilan? 5 Kekhawatiran Kondisi Perut Hamil

Untuk individu yang tidak divaksinasi, data dikumpulkan selama enam siklus berturut-turut. Rata-rata, dosis vaksin pertama dikaitkan dengan peningkatan panjang siklus 0,64 hari dan dosis kedua dengan peningkatan 0,79 hari, ketika membandingkan kelompok yang divaksinasi dengan yang tidak divaksinasi.