Find Us On Social Media :

Healthy Move, 4 Latihan Ringan Untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Nyeri haid dapat diatasi dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan.

GridHEALTH.id - Nyeri menstruasi, atau yang disebut juga dengan dismenore, bisa terjadi sepanjang hari atau hilang timbul di saat wanita mengalami siklus menstruasi.

Ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan menganggu aktivitas, dikutip dari NHS.uk, Senin (08/11/2021).

Nyeri menstruasi atau nyeri haid haid terjadi karena otot dinding rahim yang berkontraksi. Kontraksi memang terus terjadi di rahim, tapi karena biasanya sangat ringan, maka sering tidak dirasakan.

Namun saat haid, kontraksi terjadi lebih kuat untuk membantu proses peluruhan dinding rahim, yang menjadi bagian dari menstruasi.

Saat dinding rahim kontraksi, pembuluh darah yang melapisi rahim tertekan dan suplai oksigen ke rahim untuk sementara terhenti. Ini menyebabkan rahim melepaskan bahan kimia yang memicu rasa sakit.

Selain tentunya rasa nyeri di perut, dismenore juga pada sebagian wanita menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala, dan mual.

Cobalah gerakan sederhana dan efektif ini dikutip dari www.naturalcycles.com untuk meringankan gejala menstruasi atau saat menstruasi agar meredakan nyeri;

1. Peregangan punggung bawah dan glute (low back dan glute stretch)

Manfaatnya: Gerakan ini dapat membantu meringankan beberapa ketegangan yang mungkin timbul pada otot akibat kram dan kembung saat menstruasi. Di sini, kita akan membuka pinggul bagian luar, tulang rusuk, perut, dan punggung.