Find Us On Social Media :

Ancaman Penyakit Menular Tertinggi di Dunia Jauh Sebelum Ada Covid-19, Dokter Tanzania Melatih Penciuman Tikus Untuk Deteksi Dini TBC

Tikus berkantung raksasa Afrika, dilatih penciuman tikus untuk deteksi dini TBC.

GridHEALTH.id - Para ilmuwan di Tanzania, Afrika Timur, mencoba melatih penciuman tikus untuk deteksi ini TBC agar cepat dan akurat di rumah sakit umum, semua berkat indra penciumannya tajam.

Tikus berkantung raksasa Afrika, yang dikenal karena menyelamatkan nyawa manusia yang tak terhitung jumlahnya dengan mendeteksi ranjau darat di bekas zona konflik, kini telah dilatih oleh organisasi nonpemerintah Belgia (LSM) APOPO untuk mendeteksi penyakit yang sangat menular – dan seringkali mematikan – yang disebabkan oleh infeksi bakteri dari paru-paru yang disebut TBC.

Tikus-tikus tersebut telah ditemukan mengungguli metode pengujian konvensional dalam hal akurasi, kecepatan dan biaya, membantu mendiagnosis ribuan  pasien di Tanzania, salah satu dari 30 negara dengan beban tuberkulosis tinggi di dunia, karena berkaitan dengan peningkatan jumlah kasus.

Menurut laporan tuberkulosis global tahun 2021, kematian terkait tuberkulosis meningkat untuk pertama kalinya dalam satu dekade karena berkurangnya akses ke diagnosis dan pengobatan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti Covid-19, TBC dapat menyebabkan batuk, yang melaluinya dapat menyebar ke inang baru sebagai penyakit yang ditularkan melalui udara. Ini adalah pembunuh menular nomor dua di dunia setelah virus corona.

Sekitar seperempat dari populasi dunia memiliki infeksi tuberkulosis, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Meskipun sebagian besar tidak menunjukkan gejala dan tidak dapat menulari orang lain, pembawa tuberkulosis memiliki risiko 5% hingga 10% untuk jatuh sakit.

Di Tanzania, infeksi bergejala berjumlah 253 untuk setiap 100.000 orang, dengan kota pelabuhan Dar es Salaam menyumbang 20% ​​dari semua kasus di negara itu, angka resmi menunjukkan.

Joseph Soka, manajer program APOPO, mengatakan bahwa LSM tersebut bekerja sama dengan banyak mitra untuk menjangkau kelompok sasaran tertentu di masyarakat untuk memutus rantai penularan sambil juga berupaya membangun kesadaran dan mendorong orang-orang yang membutuhkan perawatan medis untuk mencarinya.

Mengutip sebuah penelitian baru-baru ini, Soka mengatakan tikus terlatih dapat mendeteksi tuberkulosis dengan akurasi hingga 85%, dibandingkan dengan pemeriksaan mikroskopis menggunakan dahak, atau lendir dari saluran napas bawah pasien, yang memiliki kisaran sensitivitas 20% hingga 60%.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Melanda Dunia, Tetapi Penyakit Menular Paling Mematikan Ternyata TBC

Baca Juga: T&J: Bagaimana Mengidentifikasi Gejala Omicron vs. Varian Lainnya

"Satu tikus dapat menyaring 100 sampel hanya dalam 20 menit," kata Soka, menambahkan: "Kami menggunakan tikus untuk mengevaluasi kembali sampel dahak manusia yang dikirim dari klinik mitra kami."