Find Us On Social Media :

Pola Diet Sehat Untuk Ibu Hamil, Hindari Paham 'Makan Untuk Berdua'

Ibu hamil perlu asupan gizi seimbang dan hindari paham makan untuk berdua.

GridHEALTH.id -Diet sehat adalah bagian penting dari gaya hidup sehat setiap saat tetapi sangat penting jika edang hamil atau merencanakan kehamilan. Sebab makan dengan sehat selama kehamilan akan membantu bayi tumbuh dan berkembang.

Kita tidak perlu melakukan diet khusus, tetapi penting untuk makan berbagai makanan yang berbeda setiap hari untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat yang ibu dan bayi butuhkan.

Yang terbaik adalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang  kita makan, tetapi saat kita hamil, kita juga perlu mengonsumsi suplemen asam folat, untuk memastikan kita mendapatkan semua yang kita butuhkan.

Ibu hamil memang cepat lapar dari biasanya, tetapi kita tidak perlu "makan untuk 2 orang" – bahkan jikamengharapkan anak kembar atau kembar tiga.

Usahakan untuk sarapan sehat setiap hari, karena hal ini dapat membantu kita menghindari ngemil makanan yang tinggi lemak dan gula.

Makan dengan sehat sering kali berarti mengubah jumlah makanan yang berbeda yang kita makan, sehingga diet  bervariasi, daripada memotong semua makanan favorit.

Ibu hamil tidak perlu mencapai keseimbangan ini setiap kali makan, tetapi cobalah untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat selama seminggu.

1. Buah dan sayur saat hamil

Makan banyak buah dan sayuran karena ini menyediakan vitamin dan mineral, serta serat, yang membantu pencernaan dan dapat membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: Penting Diketahui Wanita, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melahirkan

Baca Juga: 10 Pertanyaan Diabetes Pada Anak yang Sering Ditanyakan Orangtua

Makanlah setidaknya 5 porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari. Selalu cuci buah dan sayuran segar dengan hati-hati.