Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan 7 Menit Setiap Hari Untuk Tubuh Langsing

Gerakan plank, salah satu gerakan yang dianjurkan dalam 7 minutes work-out.

GridHEALTH.id - Latihan 7 menit dengan intensitas tinggi secara ilmiah terbukti meningkatkan kebugaran dasar, melangsingkan dan mendapatkan manfaat kesehatan utama.

Pertama kali diterbitkan di American College of Sport's Medicine's Health and Fitness Journal pada tahun 2013, latihan ini menunjukkan peningkatan kebugaran dan penurunan berat badan di antara para peserta.

Meskipun latihan ini telah menuai beberapa kritik substansial, terutama dari praktisi kesehatan dan pelatih pribadi yang menyarankan latihan 7 menit tidak cukup lama untuk merangsang pertumbuhan otot dan kehilangan lemak, latihan itu bertahan.

Berdasarkan prinsip keterlibatan otot di seluruh kelompok besar, Scientific 7-Minute Workout mengganti gerakan dari tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.

HIIT atau Pelatihan Interval Intensitas Tinggi telah menjadi hal yang biasa dalam adegan kebugaran utama. Sebagian besar pelatihan sirkuit atau pelatihan kelompok akan melibatkan elemen HIIT.

Penelitian di balik gerakan kebugaran ini menunjukkan bahwa latihan HIIT meningkatkan kinerja kebugaran secara keseluruhan, termasuk meningkatkan daya tahan kardio-pernapasan, meningkatkan tekanan darah dan bila dikombinasikan dengan diet seimbang, pengurangan lemak tubuh.

Kardio yang stabil mungkin menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran mereka, tetapi kerangka waktu yang lama dan gerakan berulang mungkin bukan yang terbaik untuk kesehatan atau untuk pencegahan cedera.

Faktanya, studi dari Universitas McMaster di Kanada, yang diterbitkan dalam Journal of Physiology, menemukan bahwa enam minggu bersepeda interval "sprint" volume rendah menghasilkan perubahan metabolisme pada otot yang sebanding dengan yang terlihat dengan rutinitas bersepeda tradisional.

Dasar-dasar latihan inilah yang menyebabkan peningkatan rezim kebugaran berbasis Crossfit dan F45, namun, metode ini juga menggabungkan prinsip-prinsip latihan angkat dan kekuatan yang lebih mendasar.

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Step-Up Untuk Mereka yang Kelebihan Berat Badan

Baca Juga: Mari Mengenal Metode Alami Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Meskipun olahraga ini hanya dilakukan selama tujuh menit saja, metode 7 Minute Workout ini dapat membawa kita keluar dari zona nyaman.