Find Us On Social Media :

Diabetes Pada Ibu Hamil Bisa Mengurangi Produksi ASI, Mencegahnya Bisa dengan Berjemur

Diabetes pada kehamilan bisa memengaruhi produksi ASI.

GridHEALTH.id -Ibu hamil diabetes, bisa terjadi sejak sebelum hamil atau karena kehamilan, sama-sama berisiko bagi kehamilan.

Tapi tak banyak yang tahu jika diabetes pada ibu hamil, ternyata bisa mengurangi ASI yang dihasilkan ibu untuk bayinya setelah melahirkan.

Hal ini tentu mengkhawatirkan, karenanya semua ibu ataupun calon ibu baiknya mengenai informasi ini dengan baik dan lengkap.

Menurut sebuah studi, diabetes saat hamil dapat memengaruhi produksi ASI setelah anak dilahirkan nanti.

Hasil Penelitian Diabetes dan ASI

Sarah Riddle dari Center for Breastfeeding Medicine, Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, AS, mendiagnosis diabetes selama masa kehamilan atau diabetes gestasional dapat berisiko menghambat produksi ASI kelak.

“Penelitian lebih lanjut mengenai diet sehat ibu hamil penting untuk dilakukan sehingga permasalahan produksi ASI terhambat tidak terjadi,” ujar Riddle.

Studi yang dilakukan pada lebih dari 600 perempuan menemukan bahwa 16% wanita dengan produksi ASI yang sangat kurang, sebagian besar karena mengalami diabetes saat hamil.

Ibu hamil yang mengidap diabetes dengan kadar gula darah tinggi juga bisa mengalami permasalahan lain seperti berat badan bayi berlebihan saat lahir, kelahiran prematur, kadar gula rendah pada bayi, serta risiko diabetes tipe 2 pada bayi.

Baca Juga: Risiko Diabetes Meningkat Pada Anak Penyintas Covid-19, Studi

Penelitian selanjutnya yang telah dipublikasikan dalam jurnal Breastfeeding Medicine.

Mmenganjurkan ibu hamil untuk lebih mengontrol asupannya, terutama pada makanan dan minuman manis.